Kamis, 17 Februari 2011

Keindahan yang perlu dilestarikan bukan untuk dihancurkan....

Promosi Komodo yang Salah Kaprah

OPINI | 18 February 2011 | 08:24102  1 dari 1 Kompasianer menilai bermanfaat
Promosi objek wisata Pulau Komodo yang dilakukan pemerintah Indonesia sebetulnya telah mendapat perhatian dari banyak wisatawan mancanegara. Akan tetapi promosi yang dilakukan ini kurang memperhatikan kondisi dari komodo. Seperti yang telah dilaporkan di Kompas.com bahwa banyak komodo yang stress karena banyak wisatawan yang datang ke Pulau Komodo untuk melihat hewan purbakala yang masih hidup di dunia ini .
Promosi ini terkesan terlalu memaksakan karena tidak melihat kesiapan dari pengelola tempat wisata Pulau Komodo. Yang menjadi tujuan pemerintah hanyalah Komodo menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia tapi dari sikap ini malah nantinya dapat mengancam keberadaan dari komodo. Jika promosi ini terus dilanjutkan tanpa dibarengi dengan pengelolaan tempat wisata yang baik maka kasus komodo yang stress ini akan berujung pada kepunahan spesiesnya.
Komodo merupakan aset negara untuk mempromosikan pariwisatanya, akan tetapi jangan hanya melihat dari sisi mempromosikannya pemerintah malah pelan-pelan secara tidak langsung membunuh hewan purbakala ini. Pemerintah seharusnya mampu ikut melestarikannya dengan begitu keberadaan dari komodo ini bisa dipertahankan dan pastinya pariwisata kita juga semakin baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar